Contoh Teks Pidato Tentang Mencari Ilmu

Advertisement
Advertisement
Contoh Teks Pidato Tentang Mencari Ilmu - Mencari ilmu adalah suatu kewajiban yang dianjurkan oleh Alloh dan Rasulnya sebagaimana yang diajarkan Rasul semasa hidupnya terhadap para sahabat beliau. Kewajiban ini sangat urgen dan muthlak dilaksanakan oleh semua orang bahkan tidak hanya masa kita kecil, sesudah tua pun kita masih diperintah.

Kemajuan suatu bangsa terletak pada warganya yang disiplin ilmu dan menguasai ilmu pengetahuan, baik pengetahuan formal atau non-formal. Ilmu pengetahuan yang sifatnya formal harus seimbang dengan non-formal agar tercipta suatu jiwa yang yang beriman dan bertakwa kepada Alloh SWT.

Contoh Teks Pidato Tentang Mencari Ilmu

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan Contoh Teks Pidato Tentang Mencari Ilmu.

Assalamu'alaikum WR. WB.

اَلْحَمْدُ للهِ وَحْدَهُ، نَحْمَدُهُ وَ نَسْتَعِيْنُهُ وَ نَسْتَغْفِرُهُ وَنَتُوْبُ اِلَيْهِ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرُ أَنْفُسِنَا وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَهُوَ الْمُهْتَدُ وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلَنْ تَجِدَ لَهُ وَلِيًّا مُرْشِدًا.
 أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ بَلَغَ الرِّسَالَةَ وَأَدَّى اْلأَمَانَةَ وَنَصَحَ لِلأُّمَّةِ وَتَرَكَنَا عَلَى الْمَحْجَةِ الْبَيْضَاءِ لَيْلَهَا كَنَهَارِهَا لاَ يَزِيْغُ عَنْهَا اِلاَّ هَالِكٌ
اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ دَعَا بِدَعْوَتِهِ اِلىَ يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ, فَيَا عِبَادَ اللهِ اُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِي الْخَاطِئَةِ الْمُذْنِبَةِ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ. وَقَالَ اللهُ تَعَالَى فِي مُحْكَمِ التَّنْزِيْلِ بَعْدَ أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ
 
Yang terhormat ketua Muhadarah
Para alim ulama yang saya hormati dan taati
Para ustadz dan ustadzah yang saya muliakan
Dan teman-teman sekalian yang berbahagia.

Mengawali pertemuan kita pada hari ini, pertama-tama malrilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah  Swt, yang telah melimpahkan nikmat-Nya kepada kita semua,sehingga kita bisa bertatap muka ditempat yang indah ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad Saw., sebab jasa beliaulah kita bisa membedakan anatara yang hak dan yang bathil , antara yang halal dan yang haram, antara jalan menuju syurga dan jalan menuju neraka.

Hadirin dan hadirat yang dirahmati Allah !

Selanjutnya ,tidak lupa saya sampaikan banyak terimakasih kepada saudara pimpinan yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk berpidato dihadapan hadirin sekalian . pada kesempatan kali ini saya akan berbicara dengan mengambil tema:

“MENCARI ILMU”

Hadirin dan hadirat yang dirahmati Allah !

Ketahuilah saudara-saudara sekalian, bahwa mencari ilmu itu adalah hukumnya wajib bagi kaum muslimin dan muslimat. Sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah Saw, di dalam haditsnya:

طلب العــلم فــريضــة على كل مســلم ومســلمة

Artinya: “mencari ilmu itu wajib bagi orang Islam laki-laki dan perempuan”

Kenapa Rasulullah Saw mewajibkan umatnya untuk mencari ilmu? Karena ilmu sangat penting bagi kehidupan manusia di dunia ini. Dengan ilmu, kita akan bisa menundukan seluruh makhluk Allah yang ada di dunia ini. Kita bisa menguasai gunung, bintang, bulan, langit , tumbuh-tumbuhan dan binatang buas sekalipun. Tetapi jika kita tidak berilmu, kita akan menjadi bodoh, tidak tau apa-apa di dunia ini dan pada akhirnya kita menjadi makhluk yang paling jelek dan paling rendah.

Saudara sekalian seakidah !

Sebagaimana saya sebutkan di awal, bahwa ilmu pengetahuan adalah sangat penting dalam hidup ini, karena dengan ilmu pengetahuan kita akan mendapatkan kebaikan baik di dunia maupun di akhirat. Oleh karena itu, barang siapa saja yang menghendaki bahagia di dunia maka harus mengetahui ilmu di dunia, begitu juga barang siapa yang menghendaki bahagia di akhirat, juga harus dengan ilmu. Sebagaimana sabda Nabi:

من اراد الـدنيا فعــليه بالعــلم ومن اراد الاخــرة فعــليه بالعــلم ومن ارادهما فعــليه بالعــلم

Artinya: “barang siapa yang menghendaki dunia maka hendaklah dia berilmu,dan barang siapa yang menghendaki akhirat, maka hendaklah ia berilmu, dan barang siapa yang menghendaki keduanya ,hendaklah ia berilmu”

Dari keterangan hadits ini kita bisa menyimpulkan, betapa pentingnya ilmu bagi kehidupan manusia. Karena ilmulah manusia akan tinggi derajatnya di sisi Allah, dan Allah akan mengangkat derajat orang yang memiliki ilmu. Sebagaimana firman-Nya:

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ

Artinya : “Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang berilmu diantara kamu, dan orang-orang yang diberi pengetahuan beberapa tingkat”. (QS. Al Mujadilah:11)

Hadirin hadirat yang berbahagia !

Sebagai manusia , kita memiliki akal atau intelegensi. Dengan akal inilah kita dapat mencari ilmu pengetahuan, yang mana kan menjadikan kita dengan binatang. Makhluk-makhluk lain seperti flora dan fauna tidak mampu mencari ilmu , karena mereka tidak berakal. Itulah sebabnya manusia lebih unggul daripada makhluk lainnya. Menuntut ilmu tidak ada batasnya, baik atau waktu ataupun tempat. Sebagaimana Niabi bersabda:

اطلبوا العلم من المهد الى اللحــد
Artinya: “Carilah ilmu dari buaian sampai ke liang lahat”

Dan sabda beliau:
 اطلبوا العلم ولو بالصـــين

Artinya : “Carilah ilmu walau sampai ke negri Cina”

Islam memerintahkan kita untuk mencari ilmu, selama kita masih hidup. Tidak ada alas an untuk tidak mencari ilmu, karena dengan ilmu manusia akan bahagia di dunia dan di akhirat, hanya orang-orang yang tidak waraslah yang tidak mau menuntut ilmu.

Hadirin hadirat yang berbahagia !

Demikianlah apa yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan ada manfaatnya bagi kita semua. Akhirnya, saya mohon maaf, jika ada kata-kata yang kurang berkenan di hati.billahi taufiq walhidaayah,,

Wassalamu'alaikum WR. WB.

Itulah Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Mencari Ilmu. Semoga bermanfaat.


Advertisement