Contoh Naskah Pidato Sambutan Singkat - Hari Kesaktian Pancasila

Advertisement
Advertisement
Contoh Teks Pidato Singkat Lengkap - Tanggal 1 Oktober merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia yang mungkin sudah dilupakan oleh beberapa orang di Indonesia. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, kita pun seakan terbius untuk melupakan sejarah yang penting dalam terbentuknya Negara ini. Padahal pancasila adalah sebagai ideologi negara kita yang tidak seharusnya dilupakan

Hari Kesaktian Pancasila ini berakar pada sebuah peristiwa Gerakan 30 September (G.30.S./PKI) pada tanggal 30 September 1965. Oleh pemerintah Indonesia, pemberontakan ini merupakan wujud usaha mengubah unsur Pancasila menjadi ideologi komunis. Pada saat itu setidaknya ada enam orang Jendral dan berberapa orang lainnya dibunuh sebagai upaya kudeta.

Namun, berkat kesadaran untuk mempertahankan Pancasila maka upaya tersebut mengalami kegagalan. Maka, tanggal 30 September diperingati sebagai Hari Peringatan Gerakan 30 September dan tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila dalam sejarah Republik Indonesia.

Sebagai Warga Negara Indonesia, dalam rangka memperingati Hari kesaktian Pancasila ini sebaiknya kita mengingat lagi isi dari Pancasila dan mendalami makna yang terkandung di dalamnya agar jiwa Nasionalisme pada diri kita tidak luntur terbawa arus zaman yang semakin modern sehingga sejarah sudah banyak dilupakan.

Pada blog ini saya akan menuliskan contoh teks pidato tentang sambutan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 1965. Berikut adalah ulasannya :


Contoh Naskah Pidato Sambutan Singkat - Hari Kesaktian Pancasila

AsalamualaikumWarohmatullohi Wabarokatuh..

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air!

Berkat rahmat dan hidayah serta inayah dari Tuhan Yang Maha Esa, kita pada hari ini dan detik ini 1 Oktober Tahun 2015 kita bersama-sama memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang ke-.....

Sebagaimana saudara-saudara maklumi, bahwa pada tanggal 1 oktober tahun 1965, telah dilakukan Gerakan Operasional yang dipimpin oleh Letnan Jenderal Soeharto sebagai Komandan Operasional pemulihan keamanan dengan bantuan segenap potensi masyarakat yang mencintai negara Proklamasi 17 Agustus 1945 yang berdasarkan Pancasila dan UUD 45.

Gerakan Operasional tersebut adalah dalam rangka menghancurkan apa yang disebut Gerakan Kontra Revolusi G 30 S PKI.

Dari Gerakan Operasional 1 oktober 1965 Negara kita yang berdasarkan Pancasila tetap berdiri dengan teguhnya, dus Pancasila itu sendiri sebagai dasar Negara maupun sebagai falsafah bangsa tetap “Sakti”. Berpangkal tolak dari kejadian itulah, maka ditetapkannya tanggal 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air !

Dari pengalaman-pengalaman semenjak tahun 1945 hingga sekarang yang sering mengalami  ancaman-ancaman dan lain sebagainya terhadap negara kita yang berdasarkan Pancasila. Namun kita tetap berdiri dan sentausa. Hal tersebut dikarenakan oleh cita-cita ataupun pandangan hidup bangsa Indonesia yang digali dari kalbu bangsa Indonesia sendiri yang terumus dalam Pancasila.

Selanjutnya perlu kamu ungkapkan kembali dalam kesempatan ini, bahwa Pancasila selain sebagai Ideologi Negara, juga sebagai falsafah dan pandangan hidup.

Sebagai Ideologi, atau sebagai cita-cita hendaklah diwujudkan. Sedangkan sebagai falsafah perlu dihayati dan diamalkan. Tanpa diamalkan kelima-lima silanya, maka tak akan terwujud cita-cita masyarakat pancasila yang bertujuan mencapai kesejahteraan lahir dan batin.

Saudara-saudar sebangsa dan setanah air!

Sekali lagi akan perlunya menghayati dan mengamalkan pancasila, dimana pedoman untuk itu telah ditetapkan oleh MPR, yakni ketetapan No. II/MPR/1978 yang disingkat P.H dan dinamakan Eka Prasetya Pancakarsa.

Marilah kita selalu memohon kehadirat Tuhan Yang Esa, agar Negara kita Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila/UUD 1945 tetap kuat dan sentausa, agar bisa lestari mengemban fungsinya sebagai wahana dan sarana mencapai masyarakat yang adil dan makmur, lahiriah maupun batiniah.
Sekian, sambutan yang dpat kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberi jalan yang lurus kepada para pemimpin kita dan kepada para pemegang kekuasaan, juga kepada para segenap bangsa Indonesia. Amiinn.

Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Itulah Contoh Naskah Pidato Tentang Hari Kesaktian Pancasila yang dapat kami tuliskan, semoga bermanfaat bagi anda yang membacanya. Terimakasih



Advertisement