Contoh Teks Pembawa Acara (MC) Pada Acara Khitanan

Advertisement
Advertisement
Contoh Teks Pembawa Acara Sunatan - Khitanan / Sunatan / Walimatulkhitan adalah tiga bahasa mengandung satu arti yaitu sebuah ritual yang semestinya harus dilaksanakan bagi semua umat muslim untuk membersihkan jiwa raganya. Khitanan berarti memotong sebagian kulit pada kelamin seorang pria yang dianggap mengendapkan najis pada tempat itu. Oleh karenanya, katup atau kulit yang menyelimuti kepala kelamin seorang anak harus di potong.

Asal mula adanya khitan dimulai dari ajaran Nabi Ibrahim yang dulu diperintahkan Alloh bersamaan dengan diperintahkannya menyembelih putranya yaitu Ismail. Khitan yang diperintahkan pada Nabi Ibrahim merupakan ujian pada seorang nabi ketika beliau sudah berumur 80 tahun. Lalu ajaran ini diabadikan dan diperintahkan pula pada umat Nabi Muhammad hingga akhir zaman. Di Indonesia tradisi ini sudah hampir menjadi budaya yang suka dibarengi dengan hajatan syukuran.

Nah pada acara itulah masyarakat sekitar juga tetangga diundang untuk menghadiri acara hajatan atau walimahan. Ada acara pengajian dan acara-acara lainnya yang bersifat keagamaan. Maka pada kali ini kami akan memberikan contoh naskah pembawa acara / MC pada acara walimatulkhitan yang mungkin teks pembawa acara ini akan bermanfaat bagia anda yang membutuhkannya. Semoga dengan adanya contoh MC ini bisa membantu anda sekalian.

Contoh Teks Pembawa Acara (MC) Pada Acara Khitanan


Assalamu’alaiku  Warohmatullohi Wabarokatuh

Puja dan puji syukur hanya kita panjatkan kepada illahi robbi yang telah memberikan nikmat kepda kita sekalian, berupa kesehatan jasmani dan rohani, sehingga pada malam/siang ini kita bisa berkumpul menghadiri undangannya bapak yang mempunyai hajat, yaitu bapak.......... sekeluarga dalam rangka acara khitanan, yang mana anaknya yang bernam, .............. , insya Alloh besok akan dilangsungkan khitanannya. Semoga anak bapak ......... yang di khittan besok itu kelak menjadi anak yang sholeh dan taat kepada Alloh serta orang tuanya, berbakti kepada nusa dan bangsa. Amin. Untuk itu bapak ......... meminta doa restu kepada saudara sekalian yang hadir di tempat ini, agar anak tersebut menjadi anak yang sholeh. Aminn ya robbal ‘alamin..

Selanjutnya sholawat serta salam semiga tetap dicurahkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW, yang mana beliau telah berhasil membawa misi agama Islam sampai ke penjuru dunia, sehingga kita yang berada di belahan bumi ini kena pancaran agama Islam, sehingga kita sekalian tau mana ajaran yang diridlai Alloh dan mana yang dimurkainya, atau lebih tepatnya, kita dapat membedakannya mana yang hak dan mana yang bathil.

Hadirin sekalian yang kami hormati, kami atas nama keluarga bapak ......... sekeluarga mengucapkan ribuan terimakasih atas kehadirannya pada malam/siang ini dalam rangka acara tasyakuran khitanan. Semoga kehadiran para bapak-bapak sekalian dibalas oleh Alloh SWT.

Hadirin sekalian yang berbahagia

Untuk mempersingkat waktu langsung saja kita bacakan acara yang sudah disusun pada malam/siang ini. Adapun acara selengkapnya adalah sebagai berikut :
  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat suci al-Qur’an
  3. Sambutan shohibul hajat
  4. Ceramah agama Islam
  5. Pembacaan doa
  6. Makan bersama/istirahat
  7. Penutup
Sebelum kami langsungkan acara ini, marilah acara ini kita buka dengan bacaan Basmallah bersama-sama, Bismillahirrohmaanirrohiim...

Para tamu undangan yang berbahagia, melangkah ke acara yang kedua yaitu pembacaan ayat suci al-Quran yang akan di bacakan oleh Ust. ......... kepadanya kami persilahkan.

Pembacaan ayat suci al-Qur’an

Terimakasih kami sampaikan kepada ........ semoga yang di bacakan tadi bermanfaat bagi si pembaca khususnya kepada kita semua pada umumnya. Melangkah pada acara yang ketiga yaittu sambutan walimah/shohibul hajat, dalam hal ini akan disampaikan oleh yang terhormat bapak ........ kepada yang terhormat kami persilahkan.!

Sambutan shohibul hajat


Terimakasih kami sampaikan kepada Bapak ...... yang telah memberikan kata sambutannya pada acara khitanan ini, semoga apa yang disampaikan oleh beliau tadi berkenan di hati para hadirin sekalian.

Hadirin sekalian yang di muliakan Alloh ! sekarang kita menginjak kepada acara yang selanjutnya, yaitu acara yang sangat dinanti-nanti untuk mendapatkan mauidhoh-mauidhoh agama Islam, dalam hal ini oleh yang terhormat,yakni almukarrom Bapak KH .........  , untuk itu kepada para tamu undangan sekalian di mohon untuk mendengarkan ceramah agama islam yang di sampaikan oleh bapak KH ........ dengan penuh Khusu, kepada beliau kami persilahkan !

Ceramah agama

Terimakasih kami sampaikan kepada bapak KH...... , semoga apa yang disampaikan oleh beliau bermanfaat bagi kita semua dan bisa menambah keimanan kita kepada Alloh SWT, sekaligus bisa mengamalkan sesuai dengan ajaran Islam.

Para hadirin yang terhormat

Acara do’a merupakan acara yang nomor lima , dan dalam hal ini akan di pimpin oleh yang terhormat bapak ..... mari kita ikuti acara doa ini dengan khusu, dan kepada beliau kami persilahkan.
Acara doa

Terimakasih kami sampaikan kepada bapak ...... yang telah memimin doa, semogga apa yang dibacanya tadi bisa diterima dan dikabulkan oleh Alloh SWT, Amiiin ya robbal ‘alamin. Adapun acara yang keenam yaitu makan bersama. Kami atas nama shohibul walimah, kami persilahkan para tamu undangan untuk menikmati hidangan-hidangan yang telah dihidangkan. Kami atas nama keluarga mohon maaf apabila dalam penyedian tempat atau hidangan yang kami suguhkan kurang berkenan di hati para hadirin sekalian. Dan terimakasih kepada para hadirin sekalian yang telah menyempatkan waktu untuk dapat mengahadiri acara ini, semoga kehadiran para hadirin ke tempat ini di balas oleh Alloh SWT.

Kami atas nama pebawa acara mohon maaf bila ada kesalahan dalam memimpin acara, dan marilah kita akhiri acara pada kali ini dengan bacaan Hamdallah bersama-sama.

“Alhamdulillahirobbil ‘alamin”

Akhirul kalam “Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh”

Itulah kiranya Contoh Teks pembawa acara / MC pada acara khitanan yang dapat kami tuliskan untuk anda semoga bermanfaat. Amiin...



Advertisement