Contoh Pidato Memperingati Hari Kebangkitan Nasional

Advertisement
Advertisement
Hari Kebangkitan Nasional yang sudah biasa kita peringati yaitu tepatnya tanggal 20 Mei tentunya mempunya makna filosofi yang sangat dalam untuk mengingat kembali jasa perjuangan para pahlawan yang telah mati-matian membela Negara untuk satu kata “Merdeka”. Mereka yang telah berjuang tanpa tanda jasa telah mempersembahkan hasil jerih payah kemerdekaan pada kita rakyat Indonesia.

Pada dasarnya Pidato Hari Kebangkitan Nasional ini diperingati untuk mengenang satu sosok pahlawan Boedi Oetomo yaitu salah satu organsasi yang pertama kali di Indonesia yang berdiri tepat pada tanggal 20 Mei 1908. Secara makna bahasa kata Budi dalam kata Budi Utomo itu melambangkan akhlak atau tabiat. Sedangkan Utomo mempunyai arti baik atau luhur. Jadi kalau di satukan meempunyai makna wadah untuk anggotanya mencapai sesuatu berdasar keluhuran budi.

Oleh karena pentingnya memperingati Hari Kebangkitan Nasional maka kami akan menuliskan contoh pidato singkat Hari Kebangkitan Nasional sebagai satu upaya ikut menyemarakkan hari istimewa ini dan sebagai wadah referensi yang bermanfaat terutama bagi anda yang mempunyai tugas menyampaikan pidato singkat pada hari itu. Tentunya masih banyak lagi contoh pidato untuk dewasa, anak-anak dan umum. Silakan and abaca-baca di blog ini.

Contoh Pidato Memperingati Hari Kebangkitan Nasional


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air Indonesia yang etrcinta.

Dengan memanjatkan puja dan puji syukur  terhadap Allah Swt,karena di pagi yang cerah ini kita bisa berkumpul di tempatmyang berbahagia ini,tanpa ada halangan suatu apapun.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air Indonesia yang berbahagia.

Pagi hari ini tepatnya tanggal 20 Mei tahun…segenap lapisan bangsa Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional.Karena pada tanggal tersebut Bapak DR.Wahidin Sudirohusodo telah mendirikan satu organisasi yang bernama Budi Utomo.Dengan organisasi tersebut,bangsa Indonesia khusunya para pemuda mengadakan perlawanan terhadap kekejaman penjajah yang ada di nusantara ini.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air yang berbahagia.

Dengan adanya organisasi Budi Utomo Nampak betul semangat juang para pemuda Indonesia untuk melawan penjajah yang ratusan tahun menguasai tanah air kita.Perlu kita ketahui juga,bahwasanya dengan adanya berdiri organisasi Budi Utomo,karena factor antara lain :
  • Kekejaman penjajah belanda makin hari makin Nampak.
  • Pendidikan dan pengajaran bangsa Indonesia terbengkalai.
  • Bertambah hari sikap Belanda semakin angkuh.
  • Cinta telah merintis mendirikan pengiris untuk masyarakatnya sendiri dengan nama :
CUNG HWA HWEE dan CUNG HWA CUNG HWEE.

Jadi empat factor tersebut diatas merupakan factor yang melatar belakangi berdirinya organisasi Budi Utomo.Bagi kita yang terpenting dalam memperingati hari bersejarah itu adalah kita harus meneruskan perjuangan para pendahulu kita,kita dukung dan peran serta dalam pembangunan dewasa ini,kita tingkatkan sumber daya manusia,agar dalam kehidupan bangsa Indonesia semakin maju.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air yang berbahagia.

Demikianlah pidato saya pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini,mudah-mudahan membawa manfaat.Kurang lebihnya kami mohon maaf. Billahi taufiq wal hidayat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Itulah Teks Pidato Hari Kebangkitan Nasional semoga bermanfaat bagi anda semua sebagai satu acuan dasar dalam berpidato dengan retorika dan sestematika bisa di sesuaikan secara karakter individu.


Advertisement