Bacaan Do'a Niat Berbuka Puasa Dan Makan Sahur Ramadhan

Advertisement
Advertisement
Doa Niat Puasa Ramdhan - Semangat menyambut bulan suci Ramadhan yang tinggal beberapa bulan lagi sudah menjadi keharusan bagi kita untuk mempersiapkan diri dengan berbekal keimanan dan ketaqwaan kepada Alloh SWT. Puasa adalah ritual keislaman yang dilaksanakan satu tahun sekali sebagai sarat muthlak dalam mendirikan bangunan kokoh yang disebut "islam".

Kewajiban puasa telah tersirat dalam kitab suci Al-Quran yang telah Alloh sabdakan pada Nabi termulia Muhammad SAW. Kewajiban puasa tidak hanya berlaku pada ummat Nabi Muhammad saja, tapi telah Alloh wajibkan pada ummat sebelum Nabi Muhammad. Namun sesuai syariat yang dibawakan masing-masing Nabi tentunya berbeda pula dalam pelaksanaan, syarat dan rukunnya.

Oleh karena puasa merupakan amalan syariat, maka dalam pelaksanaannya pun harus dimulai dengan niat puasa yang benar sebagaimana yang telah disabdakan rasul. Menurut ilmu fiqih dalam setiap niat hendaknya hati mampu menghadirkan dan menggambarkan perbuatan puasa yang akan kita laksanakan esok harinya dengan mengambarkan secara keseluruhan atau sebagian dari perbuatan puasa tersebut.

Bacaan Do'a Niat Berbuka Puasa Dan Makan Sahur Ramadhan

Pun demikian, yang tak kalah penting dari moment puasa ini adalah amalan sunatnya, baik itu sunat qauli atau fa'li. Yang akan saya soroti pada amalan puasa pada artikel ini adalah niat puasa ramadhan yang benar, bacaan doa berbuka puasa dan doa sahur. Yang lainnya akan saya tulis pada artikel berikutnya, in sya Alloh.

Lafadz Niat Puasa Ramadhan Arab, Latin dan Artinya

نـَوَيْتُ صَوْمَ غـَدٍ عَـنْ ا َدَاءِ فـَرْضِ شـَهْرِ رَمـَضَانَ هـَذِهِ السَّـنـَةِ لِلـّهِ تـَعَالىَ

"NAWAITU SHAUMAGADIN AN ADA'I FARDHI SYAHRI RAMADHANA HADZIHISSANATI LILLAHI TA'ALA"

Artinya : "Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban puasa pada bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Taala"..

Lafadz Doa Berbuka Puasa Yang Benar Arab, Latin dan Artinya

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

“ALLAAHUMMA LAKASHUMTU WABIKA AAMANTU WA'ALAA RIZQIKA AFTHORTU BIROHMATIKA YAA ARHAMARROOHIMIIN”

Artinya: “Ya Allah kerana-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-Mu Ya Alloh Tuhan Maha Pengasih”.

Itulah Lafadz niat puasa serta doa berbuka puasa yang benar yang dapat saya tuliskan untuk anda Semoga artikel doa niat puasa ini menjadi suatu referensi bagi anda yang belum tahu tata cara berniat dan doa berbuka. Jangan lupa baca kata kata ramadhan untuk saling sapa bersama keluarga, teman, kerabat dan pada orang terspesial. Semoga bermanfaat..


Advertisement