Hal-hal Yang Membatalkan dan Mengurangi Pahala Puasa

Advertisement
Advertisement
Hal Yang Membatalkan Puasa - Puasa yang kita laksanakan bukan hanya sekedar menahan lapar dan haus seharian. Tapi esensi yang sebenarnya dari puasa itu adalah menahan diri dan hawa nafsu juga sifat tercela yang sangat dilarang oleh agama. Diantara sifat tercela atau penyakit hati yang harus kita hindari ketika berpuasa diantaranya adalah ria, ujub, sum'ah, takabur, dzolim, buruk sangka dan lainnya.

Sebagai mana definisi puasa adalah menahan diri baik itu menahan lapar, haus dan menahan diri dari sifat tercela. Secara dhohir yang membatalkan puasa adalah ada sesuatu yang kita makan atau minum ataupun ada yang masuk pada lubang yang ada dalam tubuh kita secara sengaja. Namun yang jarang kita jaga adalah pembatalan puasa secara hakikatnya yaitu kita puasa namun tak ada sedikitpun pahala yang kita dapat hanya lapar dan haus yang kita dapat.

Empat belas abad yang lalu Nabi SAW. telah memberikan peringatan pada kita semua bahwa "Banyak dari kalian yang berpuasa, tapi hanya lapar dan dahaga yang kita dapat" ini artinya kita tidak menjada lisan ataupun perbuatan selama kita puasa ramadhan dan akhirnya kitapun tak dapat pahala yang amat besar dari puasa itu sendiri. Di bawah ini akan kami tuliskan hal yang membatalkan dan menghilangkan pahala puasa secara singkat.

Hal-hal Yang Membatalkan dan Mengurangi Pahala Puasa

Hal Yang Dapat Membatalkan Puasa

Dalam hal perkara yang membatalkan puasa saya akan kupas secara garis besarnya saja berhubung setiap imam madzhab yang empat berbeda pendapat akan hal ini. Yang akan saya tulis yang membatalkan puasa secara umunya saja yaitu diantaranya:
  1. Murtad (keluar dari islam)
  2. Keluar darah haid
  3. Nifas
  4. Melahirkan
  5. Gila
  6. Pingsan sepanjang hari
  7. Mabuk yang disengaja
  8. Mengeluarkan air mani dengan sengaja

Hal yang dapat mengurangi pahala puasa diantaranya:
  1. Berkata kasar, kotor dan tercela
  2. Berbohong
  3. Membicarakan kejelekan orang lain
  4. Bersaksi palsu
  5. Berkelahi dan adu mulut
  6. Berbuat dzalim terhadap orang lain
  7. Keras hati
  8. Mencium seseorang yang bukan muhrim
  9. Ria, hasud, ujub, sombong dan penyakit hati lainnya

Itulah sekilas tentang hal yang dapat membatalkan puasa baik itu puasa wajib atau sunat. Namun dalam hal yang membatalkan puasa ada yang ketika kita batal puasa dan boleh makan disiang hari seperti istri yang haid atau nifas tepi tetap jangan dihadapan orang yang berpuasa. Tapi selain itu jika batal puasa di siang hari maka harus menahan diri sampai maghrib tidak boleh makan dan minum serta nanti wajib mengganti puasa serta niat puasa ramadhan harus dilaksanakan di malam hari.

Advertisement