Pengertian dan Hikmah Puasa Bulan Ramadhan

Advertisement
Advertisement
Hikmah Puasa Bulan Ramadhan - Tak terasa setelah setahun kita melewati hari-hari dan akan tiba bulan ramadhan yang agung dalam hitungan hari. Mari kita sambut dengan suka cita dan bergembira, sesuai yang disabdakan rasul "barang siapa yang bersuka cita akan datangnya bulan suci ramadhan, makan dia akan masuk surga". Suka cita di sini dalam konteks suka cita yang dibarengi dengan keimanan yang kuat bukan suka cita dalam bentuk hura-hura.

Umat islam sedunia tentunya bersiap diri untuk melaksanakan ibadah puasa dengan penuh keyakinan dan keimanan. Iman sepenuh hati meyakini bahwa puasa yang dilaksanakan satu tahun sekali adalah perintah Alloh secara mutlak bagi segenap umat islam yang telah baligh dan berakal sempurna. Artinya jika yang mengaku Islam tapi tidak berpuasa maka hal itu telah melanggar perintah Alloh dan berdosa besar.

Pada kesempatan kali ini akan saya uraikan definisi Puasa (shaum) menurut ilmu fiqh yang akan dilengkapi dengan hikmah puasa ramadhan sesuai yang disabdakan Rasululloh SAW. yang menjadi acuan bagi kita semua dan merupakan pahala yang akan Alloh berikan untuk hambanya yang beriman. Dengan niat puasa yang kuat di hati kita, tidak semata kita mengharapkan pahala namun yang terpenting hati kita secara kuat meyakini hanya melaksanakan perintah Alloh dan karena Alloh.

Pengertian dan Hikmah Bulan Puasa Ramadhan

Advertisement